Mengenal Agrowisata Menarik di Kota Medan

Mengenal Agrowisata Menarik di Kota Medan

Anda tinggal di Medan dan ingin berwisata yang simpel tapi bermanfaat? Jika iya, Anda bisa memilih agrowisata sebagai tujuannya sekaligus menambah pengetahuan baru. Berikut agrowisata menarik di kota Medan yang bisa dikunjungi bersama anak didik maupun keluarga saat akhir pekan.
Agrowisata Paloh Naga
Rekomendasi pertama yang bisa Anda kunjungi yaitu Paloh Naga. Agrowisata ini terletak di kecamatan Pantai Labu, tepatnya di kampung Denai Lama. Bila Anda berangkat dari Kota Medan, maka harus menempuh perjalanan sekitar 40 menit untuk menuju agrowisata Paloh Naga.
Paloh Naga mengusung konsep pariwisata dan pertanian, sehingga cocok bagi Anda yang ingin berwisata sambil mengenalkan pertanian buah hati maupun anak didik. Hamparan pertanian yang luas akan memanjakan mata karena warna hijau yang segar dipandang.
Hal yang sering diburu bila mengunjungi agrowisata ini yaitu melihat sunrise maupun sunset yang indah. Jadi, jangan khawatir, Anda tetap bisa mendapatkan foto yang instagramable bila berkunjung ke destinasi ini. Tempat ini juga dilengkapi dengan room ledge dan cafeteria.
Apabila berkunjung saat weekend, Anda bisa bertemu dengan pelaku UMKM yang menjual makanan tradisional di agrowisata ini. Tiket masuk di Paloh Naga ini sangat terjangkau, yakni hanya 5 ribu rupiah saja.
Agrowisata Istana Jambu
Agrowisata satu ini membandrol tiket masuk yang lumayan tinggi, yaitu 30 ribu rupiah untuk pelajar dan untuk umum ditarik tiket sebesar 50 ribu rupiah. Dengan membayar tiket yang lumayan tinggi, agrowisata menarik di kota Medan ini menawarkan konsep pertanian semi modern.
Anda bisa melihat beraneka ragam tanaman khas yang ada di daerah tropis dan bunga anggrek di lokasi tersebut. Budidaya yang dilakukan di agrowisata ini non organik. Mulai dari proses pembibitan, penanaman dan pemeliharaan di lakukan di sini, sehingga Anda bisa mempelajarinya secara langsung.
Selain bisa belajar budidaya tanaman secara non organic, Anda juga bisa menikmati layanan memetik buah sendiri. Untuk petik buah, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi karena itu sudah include di tiket yang dibeli.
Lokasi agrowisata ini berada di Deli Serdang, tepatnya di desa Sidorejo. Dari Kota Medan arah timur, lokasi tersebut berjarak sekitar 35 kilometer. Lokasi ini membuka waktu kunjungan mulai dari pukul 09.00 WIB.
Agrowisata Siba Indah
Agrowisata ini berlokasi di selatan kota Medan, tepatnya di Deli Serdang. Saat berkunjung di agrowisata Siba Indah Anda akan melihat lebih dari satu tanaman yang dibudidayakan. Banyak sekali tanaman yang dibudidayakan di tempat ini, seperti alpukat, durian, mangga dan strawberry.
Agrowisata seluas 8 hektar ini dilengkapi dengan taman air, homestay, dan warung untuk mencicipi kuliner di sana. Fasilitas yang ditawarkan pun cukup lengkap. Fasilitas ini disiapkan agar pengunjung merasa nyaman bila singgah di agrowisata ini.
Agrowisata Edufun Medan
Agrowisata ini menawarkan edukasi beraneka ragam tanaman buah. Edufan adalah salah satu agrowisata menarik di kota Medan yang bisa Anda kunjungi.
Lokasi tepatnya berada di Desa Tuntungan, Kabupaten Deli Serdang. Jadi, jika dari Medan, Anda harus menempuh waktu perjalanan sekitar 50 menitan untuk sampai di lokasi tersebut.
Agrowisata ini berada di area lahan yang luasnya sekitar 1,5 hektar di sekitar area pedesaan. Lahan seluas 1,5 hektar tersebut ditanami beraneka ragam jenis buah seperti jambu jamaika, sawo, belimbing, jambu madu deli, buah naga, cempedak, strawberry dan masih banyak lagi.
Buah utama yang dibudidayakan di Edufun ini adalah markisa madu. Markisa madu terdiri dari 2 jenis, dimana ada yang memiliki warna hijau campur orange dan kuning. Buah ini menjadi buah utama yang dibudidayakan karena paling sesuai dengan iklim di wilayah tersebut.
Menariknya, bila berkunjung di agrowisata ini, Anda bisa memetik buah markisa dan mengkonsumsinya secara langsung. Buah markisa memiliki rasa asam manis dan kaya akan zat-zat yang baik untuk tubuh. Jangan lupa untuk mencicipinya saat berkunjung di agrowisata ini.
Rajasyah Agrowisata
Agrowisata satu ini berlokasi di jalan Bunga Pariama, Kecamatan Medan Tuntungan. Rajasyah Agrowisata memiliki luas area yang cukup luas yaitu sekitar 3 hektar. Agrowisata di alam terbuka ini bisa dijadikan untuk sarana pendidikan yang menarik dan kreatif.
Wahana di agrowisata ini sangat menantang dan cocok untuk dicoba. Bagi Anda yang ingin mencoba flying fox juga tersedia di lokasi ini. Meskipun jalur flying fox di Rajasyah hanya 400 meteran, tetapi Anda bisa menikmati pemandangan indah saat meluncur.
Bagi yang ingin menguji adrenalin di tempat ini, juga disediakan wahana yang cukup ekstrim yaitu sepeda ekstreme. Mengapa disebut sepeda ekstreme? Alasannya karena Anda akan menaiki sepeda yang berada di atas lintasan tali yang menggantung.
Agrowisata menarik di kota Medan ini juga cocok sekali bagi Anda yang senang memancing. Di tempat ini disediakan area pemancingan dari danau buatan yang dibuat semirip mungkin dengan alam. Tidak hanya itu, wahana di lokasi ini juga menyediakan balon air, ayunan nganga, kolam renang dan playground.
Harga tiket masuk di Rajasyah ini hanya 5000 rupiah per orang. Jika tertarik melakukan outbound di tempat ini, tersedia juga fasilitas lengkapnya dan Anda tinggal memilih beberapa biaya paket yang ditawarkan.
Agrowisata Sibolangit
Agrowisata Sibolangit atau yang lebih dikenal dengan Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit menjadi tempat yang juga layak dikunjungi saat berada di Medan. Taman wisata ini berlokasi di Kabupaten Deli Serdang. Anda harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari Medan untuk menuju lokasi ini.
Wisata ini sudah lama didirikan dan dulunya Sibolangit merupakan cabang dari Kebun Raya Bogor. Saat berkunjung di Sibolangit, Anda akan dipandu dan dijelaskan tentang kawasan hutan yang ada di agrowisata ini.
Pemandunya pun sangat ramah yang membuat Anda akan semakin betah berkeliling dan bisa pulang dengan membawa wawasan-wawasan baru. Di tempat ini, Anda bisa mempelajari vegetasi tanaman yang ada dan mengenal berbagai macam jenis pohon lewat plat-plat yang ditempelkan.
Tidak hanya berbagai flora saja yang bisa Anda lihat, tetapi ada juga fauna disini. Fasilitas di tempat ini pun tergolong lengkap, ada pusat informasi, guest house dan shelter untuk beristirahat. Itulah yang menjadikan Sibolangit sebagai agrowisata menarik di kota Medan yang wajib Anda kunjungi.
Harga tiketnya pun sangat terjangkau, yaitu 5000 rupiah pada hari kerja dan saat weekend 7500 rupiah. Jika Anda datang bersama rombongan minimal 10 orang, maka bisa mendapatkan harga tiket yang lebih murah, yakni 3000 rupiah. Jam operasional agrowisata Sibolangit sendiri dimulai pukul 09.00 – 15.00 WIB.
Itulah beberapa agrowisata di Medan yang menarik untuk dikunjungi saat liburan. Liburan tidak perlu jauh-jauh dan mengeluarkan banyak biaya. Di sekitar kota Medan sendiri, ada banyak tempat wisata bertema alam yang bisa mewarnai liburan akhir pekan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.